Okeycall Facebook Versi indonesia

18 11 2009

okeycallSebuah perusahaan nasional yang berbasis di Tangerang, Banten, meluncurkan situs jejaring sosial yang mirip dengan Facebook. Situs ini diberi nama Okeycall dan diklaim menggunakan platform teknologi yang lebih maju dari Facebook.

Amal Alghozali, Presiden Direktur Okeycall Indonesia mengatakan, kehadiran situs ini adalah upaya untuk mementahkan mitos bahwa Indonesia tidak pernah bisa menghasilkan produk inovasi teknologi serta hanya menjadi konsumen dan pengguna produk-produk teknologi asing.

“Padahal kita memiliki ribuan ilmuan-peneliti yang dapat menghasilkan inovasi teknologi dengan daya saing global. Selama mitos itu tidak kita buang jauh-jauh, maka kita akan terus menjadi konsumen,” tegasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2009).

Pun demikian, sayangnya kehadiran situs ini tak bisa dilepaskan dari bayangan Facebook yang sudah kadung mengakar di kalangan pengguna internet Indonesia. Bahkan dalam rilisnya, Okeycall mengakui bahwa tampilan mereka sekilas seperti menyontek Facebook.

“Beberapa fitur yang tidak ada di jejaring sosial lain, ada di Okeycall. Seperti live video chat yang memungkinkan member Okeycall bertatap muka dengan lawan chatting secara interaktif,” timpal Tubagus Herman Hermawan, penggembang sistem dan Direktur Teknik dan Operasional Okeycall Indonesia.

Secara teknis, pengguna tidak perlu men-download aplikasi untuk menikmati layanan live video chat tersebut. Hal ini dirasa sangat berbeda dengan aplikasi video chat situs lain, namun tetap memiliki resolusi tinggi.

Selain live video chat, Okeycall juga menyediakan fitur free SMS, conference chat, blog serta beberapa fitur lain layaknya situs jejaring sosial. Okeycall bahkan juga dilengkapi dengan fasilitas mail server yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Mail server ini berfungsi sebagai situs penyaji, penerima dan pengirim surat elektronik atau e-mail.

Meski diklaim menggunakan platform teknologi yang lebih maju dari Facebook, tetapi tetap saja Okeycall bukanlah — atau setidaknya belum menjadi tandingan Facebook. Ketika disambangi detikINET, tampilan Okeycall terlihat masih kaku dan navigasi di halaman pengguna pun masih membingungkan.

Sumber : Detikinet


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: